Jumat, 17 Juni 2011

Mengakses PC Anda dari mana saja

Ada beberapa layanan yang tersedia sekarang yang memungkinkan Anda untuk mengakses jarak jauh komputer Anda dari mesin lain di dunia, selama yang terhubung ke internet. Kabar baiknya adalah bahwa Windows XP Professional memiliki fungsi ini dibangun ke dalam sistem operasi. Pada artikel ini, aku akan menunjukkan kepada Anda bagaimana untuk mengkonfigurasi komputer Windows XP Professional untuk mendukung akses remote menggunakan fitur Desktop jauh.







Untuk menggunakan Remote Desktop Anda akan memerlukan berikut:







Komputer host (yang Anda ingin mengakses jarak jauh) yang menjalankan Microsoft Windows XP Professional dan terhubung ke Internet.







Komputer klien (yang akan Anda gunakan ketika jarak jauh mengakses PC Anda) menjalankan Microsoft Windows XP, Microsoft Windows Millennium Edition (Me), Microsoft Windows 98, Microsoft Windows 98 Second Edition, Microsoft Windows 2000, Microsoft Windows NT 4.0, atau Microsoft Windows 95, dengan akses ke Internet.







Account pengguna yang sesuai dan izin dikonfigurasi pada remote Windows XP Professional untuk memungkinkan akses remote.







Alamat IP komputer di rumah. Anda dapat mengetahui ini dengan pergi ke situs seperti http://www.whatismyip.com. Satu-satunya masalah dengan ini adalah bahwa ISP Anda dapat secara dinamis mengubah alamat ini dari waktu ke waktu. Saya akan merekomendasikan menggunakan gratis dinamis penyedia DNS, seperti http://www.No-IP.com. Ini akan memungkinkan Anda untuk menetapkan catatan DNS publik ke komputer Anda, seperti http://yourcomputer.no-ip.com. Anda akan perlu untuk memiliki port tcp 3389 terbuka pada firewall Anda. Jika mesin Anda berada di belakang firewall atau NAT router Anda akan perlu untuk meneruskan lalu-lintas pada tcp port 3389 ke komputer host.







Cara mengkonfigurasi layanan Desktop jauh







Pada komputer host, pergi ke control panel dan klik dua kali ikon sistem. Klik tab jauh, dan kemudian klik untuk memilih Izinkan pengguna menyambung dari jauh ke komputer kotak ini. Administrator akan diberikan akses secara default, tetapi ada pilihan untuk menambahkan account pengguna lain jika diperlukan. Klik OK untuk menyimpan perubahan.







Menghubungkan ke komputer Anda







Pada klien PC, Anda akan memerlukan perangkat lunak klien yang disebut Remote Desktop Connection. Komputer yang menjalankan Windows XP Home dan profesional sudah punya klien ini diinstal. Jika Anda terhubung dari klien PC yang menjalankan versi lain dari windows, Anda akan perlu untuk menginstal perangkat lunak Remote Desktop Connection. Anda dapat men-download perangkat lunak secara gratis dari situs Microsoft. Langkah berikutnya adalah untuk menjalankan perangkat lunak koneksi Desktop jarak jauh sehingga Anda dapat terhubung ke komputer Anda. Untuk melakukannya, klik mulai, menunjuk ke semua program, menunjuk ke aksesoris, mengarah ke komunikasi, dan kemudian klik sambungan Desktop jauh. Dari sini Anda hanya perlu memasukkan alamat IP atau nama host DNS dan klik pada menghubungkan.







Jelas, ada implikasi keamanan yang perlu dipertimbangkan ketika membuka port pada firewall Anda atau NAT router dan mengekspos komputer ke internet. Silakan mempertimbangkan semua risiko keamanan dan memutuskan apakah metode ini akan bekerja untuk Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar